Saturday, July 3, 2010

Input Data (3)-AutoCAD LD

  • Cara dengan sudut putar

Sudut putar merupakan sudut yang diukur antar sisi utama (salah satu sisi poligon) dan sisi ke arah titik ukur bantu dengan salah satu titik ukur utama sebagai pusat putaran. Bila arah putarannya searah jarum jam maka disebut sudut putar positif (+) dan sebaliknya apabila berlawanan arah dengan arah jarum jam maka disebut sudut putar negatif (-).

 

 

Cara ini umumnya degunakan juga untuk mendudukkan titik ukur bantu yang berada di sekitar titik ukur utama. Ia akan dihitung koordinatnya. Tetapi diuur sedut putarnya terhadap sisi antara dua titik ukur utama dan jaraknya dari titik ukur utama. Sebagai contoh titik kur utama (diambil dari salah satu sisi poligon), sedangkan titik ukur a, b, c, dan d sebagai titik ukur bantu yang diketahui sudut putar dan jaraknya masing-masing dari titik G.

 

Tahapan untuk memudahkan titik  tersebut, dimulai dengan klik – point pada menu bar, klik – create point, dan pilih dengan turned angle. Pertanyaan akan muncul pada perintah ketikan (command) secara berurutan dan wajib diisi sebagai berikut :

image

  1. Select line (or point) : klik kursorpada sisi utama misalnya : pada garis GD .

  2. Type of angle (deflection/<turned>):isikan/ketiklah T, tekan enter.
  3. Angle : isikan /ketiklah sudut putarnya (<Dga) misalnya : 93.0414, tekan enter
  4. Distance : isikan/ketiklah deskripsi titik ukur bantu, misalnya : 7.757 tekan enter
  5. Description : isikan / ketiklah deskripsi titik ukur bantu, misalnya : a enter
  6. Elevation : isikan/ketiklah ketinggian titik ukur bantu (a), misalnya 17, tekan enter
  7. Tekan enter 2 kali.