Friday, July 2, 2010

Input Data (2)-AutoCAD LD

  • Cara dengan koordiat

 

 

Mendudukkan titik ukur dengan cara koordinat. Dimulai dengan klik – pont pada menu bar, klik – create point, dan pilih dengan klik – northing/easthing  . selanajutnya akan muncul pertanyaan pada perintah ketikan (command) secara berurutan dan wajib diisi sebagai berikut :

 

  1. Easthing : isikan / ketiklah data absisi (E) titik ukur, misalnya 100 tekan enter

  2. Northing : isikan / ketiklah data ordinat (N) titik ukur , misalnya 250, tekan enter

  3. Descriptin : isikan / ketiklah, misalnya A, tekan enter

  4. Elevation : isikan / ketiklah, misalnya 9, tekan enter

Selanjutnya pada perintah ketik akan muncul lagi pertanyaan mulai dari urutan 1 hingga 4 diatas, untuk mengisi data titik ukur sudah masuk, akhiri perintah dengan tekan enter. Sekarang di layar muncul secara utuh tampilan titik yang terdiridari nomor urut, tanda titik ukur (X) dan angka elevasi, serta deskripsinya.

image

  • Cara dengan azimut

 

 

 

 

 

Azimut merupakan sudut yang diukur antara arah utara (N) dan titik ukur bantu dengan titik ukur utama sebagai pusat putaran. Bila arah putar searah dengan jarum jam maka dsebut dengan azimut postif (+), sebaliknya bila arah putar melawan jarum jam maka disebut asimut negatif (-).

 

Cara ini basanya digunakan untuk mendudukkan titik ukut bantu yang berada di sekitar titik ukur utama. Ia tidak dihitung koordinatnya, tetapi diukur azimut dan jaraknya dari titik ukur utama. Sebagai contoh, titik ukur G . digunakan sebagai titik ukut utama , sedangkan titik ukur a, b, c, dan d sebagai titik ukur bantu yang diketahui azimut dan jaraknya masing-masing dari titik G.

 

Urutan tata cara mendudukkan titik ukur tersebut, dimulai dengan klik- points pada menu bar, klik – create point dan pilih dengan klik- direction.

image

  1. Starting point : klik kursor pada titik G

  2. Quadrant (1-4) (azimuth/point) : isikan / ketiklah A, enter

    .

  3. Azimut (DDD,MMSS): isikan/ketiklah asimutnya, misalnya 50.2020, tekan enter,

  4. Distance : isikan / ketiklah jaraknya, misalnya 75.00

  5. Description : sisikan/ketiklah, misalnya :a tekan enter

  6. Elevation (non) (or ): isikan / ketiklah, misalnya 18.00, tekan enter,

  7. Tekan enter 2 kali lagi.

Selanjutnya pada perintah ketik muncul lagi pertanyaan mlai dari urutan 1 hingga 6 diatas, untuk mengisi data titikbantu berikutnya yakni titik b sampai dengan titik d. bila semua titik kur sudah masuk, maka setelah urutan ke 6 akhiri perintah dengan tekan enter sekali lagi. Sekarang di layar muncul (secara utuh) seperti tampak pada gambar dibawahm yang terdiri dari titik utama G dan titik bantu a, b, c, dan d dengan tanda titik ukur (X) dan angka selevasi serta deskripsinya. Disini nmor urut titik ukur (number) tidak dimunculkan (unvisible), hal ini dapat dilakukan saat pengaturan titik .