Sunday, February 28, 2010

Pendahuluan-AutoCAD Land Development

imageAutoCAD Land Desktop (ALD) merupakan suatu program yang berbasis pada AutoCAD yang diarahkan secara khusus untuk dapat diaplikasikan dalam mengelola pemetaan dan dasar-dasar perencanaan pekerjaan rekayasa penambangan, sipil dll.

 

Setelah program AutoCAD Land Development dijalankan, maka dapat dilihat pada monitor tampilan seperti pada Gambar  dibawah ini. image Pada layar monitor dibagi menjadi dua ruang. Ruang dibagian kiri dinamakan layar proyek. Layar ini ini berfungsi sebagai petunjuk nama gambar (drawing name) yang sedang diaktifkan pada file proyek dan file khusus lainnya seperti drawing, topologies, link template, data source, dan quary library. Sedangkan ruang di bagian kanan disebut layar kerja yang digunakan sebagai tempat untuk menggambar.

 

Disekitar layar tersebut terdapt beberapa menu dalam bentuk tulisan maupun simbol untuk mengoperasikan ALD, antara lain :

  1. File kerja menunjukka sebuah file yang sedang digunakan untuk bekerja

  2. Menu bar merupakan deretan menu yang telah disediakan dalam bentuk tulisan, sehingga dapat dibaca
  3. Tool bar juga merupakan deretan menu tetepi dalam bentuk sismbol atau ikon
  4. Layar merupakan susunan lembar-lembar gambat seperti halnya medi transparan yang diguanakn untuk melukis banyak gambar, yang pada tiap layernya terlukis potongan dari gambar utama (lengkap), sehingga bilamana seluruh layer ditumpang tindihkan akan mengadi satu kesatuan gambat utama yang lengkap.
  5. Kursor merupakan simbol berwujud (dua garis bersilang) yang digerakkan mengikuti gerakan mouse, sebagai ganti jari telunjuk tangan pengguna untuk menekan tombol ikon, menu maupun gambar pada layar kerja.
  6. Salib sumbu pada layar kerja menunjukkan bidang dua dimensi (X dan Y), X sejajat arah timur (Easting) sedangkan Y sejajar arah utara (North)
  7. Perintah ketik (command) merupakan deretan tempat untuk melaksanakan perintah dengan mengetik beberapa huruf
  8. File aktif merupakan beberapa nama file yagn sedang diaktifkan tetapi di luar file yagn sedang digunakan untuk bekerja.