Tuesday, February 2, 2010

Sumber data (2)-ArcGIS

 

 

 

 

 

image

Sumber Data Spasial
Salah satu syarat SIG adalah data spasial, yang dapat diperoleh dari beberapa sumber antara lain :

  1. Peta Analog Peta analog (antara lain peta topografi, peta tanah dan sebagainya) yaitu peta dalam bentuk cetak.Pada umumnya peta analog dibuat dengan teknik kartografi, kemungkinan besar memiliki referensispasial seperti koordinat, skala, arah mata angin dan sebagainya.
    Dalam tahapan SIG sebagai keperluan sumber data, peta analog dikonversi menjadi peta digitaldengan cara format raster diubah menjadi format vektor melalui proses dijitasi sehingga dapatmenunjukan koordinat sebenarnya di permukaan bumi. Data Sistem Penginderaan Jauh
  2. Data Penginderaan Jauh (antara lain citra satelit, foto-udara dan sebagainya), merupakan sumberdata yang terpenting bagi SIG karena ketersediaanya secara berkala dan mencakup area tertentu.
    Dengan adanya bermacam-macam satelit di ruang angkasa dengan spesifikasinya masing-masing,kita bisa memperoleh berbagai jenis citra satelit untuk beragam tujuan pemakaian. Data ini biasanyadirepresentasikan dalam format raster.
  3. Data Hasil Pengukuran Lapangan
    Data pengukuran lapangan yang dihasilkan berdasarkan teknik perhitungan tersendiri, pada umumnyadata ini merupakan sumber data atribut contohnya: batas administrasi, batas kepemilikan lahan, bataspersil, batas hak pengusahaan hutan dan lain-lain.
  4. Data GPS (Global Positioning System)
    Teknologi GPS memberikan terobosan penting dalam menyediakan data bagi SIG. Keakuratanpengukuran GPS semakin tinggi dengan berkembangnya teknologi. Data ini biasanyadirepresentasikan dalam format vektor. Pembahasan mengenai GPS akan diterangkan selanjutnya.

(sumber: GIS konsorsium Aceh dan Nias)